Senin, 01 Desember 2008

Ya Ampun.... Ikan Segar Picu Inflasi

Senin, 3 November 2008 | 17:53 WIB

JAKARTA, SENIN- Jangan remehkan kenaikan harga ikan segar. Sebab nyatanya, komoditas hasil perikanan itu ternyata menjadi pemicu utama tingkat inflasi bulan Oktober 2008 secara nasional.

"Ikan segar jadi kontributor utama inflasi kita," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan, di gedung BPS, Jakarta, Senin (11/3). Menurut dia, harga ikan segar naik 3,48 persen dibanding bulan September 2008.

Rusman mengatakan, harga ikan segar menyumbang 0,11 persen terhadap tingkat inflasi bulan Oktober 2008 yang mencapai 0,45 persen. Kenaikan harga ikan segar itu dipicu karena berkurangnya suplai ikan. "Banyak nelayan yang enggan berlayar karena informasi dari BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) yang semakin bagus," ujar Rusman.

Sejak tahun 2007 lalu, nelayan dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai prakiraan cuaca dari BMG. Prakiraan cuaca dapat diperoleh di radio-radio pantai maupun radio di kapal nelayan. Karena informasi cuaca sering buruk dan tak menentu, banyak nelayan yang engggan berlayar.

Menurut Rusman, harga ikan segar yang mengalami kenaikan banyak dijual ke tengkulak. Hal ini mencerminkan penghasilan nelayan yang bagus.""""

--------------

wah wah ini yang membuatku selalu tertarik dengan ekonomi. siapa bilang ekomoni munafik?? fakta-fakta ekonomi yang terjadi selalu membuat kita berfikir tentang sistem yang terjadi nyata di dunia ini. sampai saat ini saya masih mengumpulkan keberanian untuk memposting pendapat dan analisa saya tentang ekonomi. hal membuat saya merasa mampu berfikir.

padahal sudah buat blog gini.... tapi kok masih belum pede y...... hehehee...

Tidak ada komentar: